Rabu, 20 Juli 2011

Batik Nusantara


Jambore Batik Nusantara diselenggarakan di Pekalongan


Pekalongan (ANTARA) - Sebanyak 750 perajin batik asal lima provinsi akan mengikuti kegiatan Jambore Batik Warna Alam Nusantara 2011 yang diselenggarakan oleh Politeknik Pusmanu Kota Pekalongan, Jawa Tengah, yang digelar di Gedung Bakorwil III Kota Pekalongan, 14-17 Juli 2011.
Direktur Politeknik Pusmanu Kota Pekalongan, Soni Hikmalul, di Pekalongan, Selasa, mengatakan, para perajin batik warna alam dari lima provinsi tersebut, yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.
"Sebanyak empat provinsi telah memastikan akan mengikuti Jambore Batik Warna Alam Nusantara 2011, sedangkan lainnya yaitu Jatim sementara menginformasikan hanya akan mengikuti pelatihan cara pembuatan batik itu," katanya.
Ia mengatakan, selain peserta dari lima provinsi, kegiatan itu juga akan diikuti oleh 18 politeknik se-Jawa Tengah dan Forum Komunitas Batik Warna Alam Jateng, seperti Pemalang, Klaten, dan Solo.
"Kami berharap kegiatan itu sebagai ajang promosi untuk memperkenalkan kerajinan batik dengan memanfaatkan bahan baku dari kekayaan alam yang ramah lingkungan ke tingkat internasional," katanya.

Menurut dia, kegiatan itu bertujuan mewujudkan produksi batik dengan ramah lingkungan, mempertemukan kekayaan kerajinan batik dari seluruh nusantara, dan membangun kesepahaman dalam pelestarian serta pengembangan batik.
Kerajinan batik warna alam itu, katanya, seluruhnya akan menggunakan bahan baku dari kekayaan alam, seperti kayu manggis, teh, kopi, tebu, ilalang, akasia, jalawi, klerol, tingi, bengkere, tegeran, dan nangka.
"Adapun sejumlah produk corak batik warna alam yang kami hasilkan, antara lain Kapal Kandas, Sekar Jagad Pemekasan, Kembang Melati, dan Sekar Jagad," katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar